RSS

Digital Devide

26 May

1. Mengapa tidak bisa Digital Divide diselesaikan dengan peningkatan akses terhadap teknologi itu sendiri? Apa faktor-faktor lain yang penting
untuk dipertimbangkan?

Jawab : Karenanya, kesenjangan dalam hal ini berpotensi melahirkan persoalan kesenjangan baru dalam masyarakat atau memperparah persoalan kesenjangan yang ada, terutama di negara berkembang atau kelompok masyarakat/ daerah yang relatif tertinggal. Digital divide atau senjang digital mengacu pada kesenjangan atau jurang yang menganga di antara mereka yang dapat mengakses teknologi informasi (TI) dan mereka yang tidak dapat melakukannya. Ketakseimbangan ini bisa berupa ketakseimbangan yang bersifat fisik (tidak mempunyai akses terhadap komputer dan perangkat TI lain) atau yang bersifat keterampilan yang diperlukan untuk dapat berperan serta sebagai warga digital. Jika pembagian mengarah ke kelompok, maka senjang digital dapat dikaitkan dengan perbedaan sosial-ekonomi (kaya/miskin), generasi (tua/muda), atau geografis (perkotaan/pedesaan). Sejalan dengan berkembangnya dan makin tidak terpisahkannya Internet dengan TI, maka digital divide mencakup juga ketakseimbangan akses terhadap dunia maya.dan faktor-faktor yang haus diperhatikan sekarang ini persaingan Digital Devide.

2. Haruskah kita membuka sekolah-sekolah dan perpustakaan kepada masyarakat sehingga tidak ada ruang komputer lab atau pelatihan yang
menganggur selama jam malam dan akhir pekan?

Jawab : harus. sebab dengan adanya sekolah-sekolah atau perpustakaan yang sebagai media yang baru yaitu ruang komputer lab , maka jgn ditinggalkan media konvensional.

3. Apa sajakah konsekuensi jangka panjang potensi Digital Divide, dan mengapa itu merupakan salah satu hak yang paling penting yang
dihadapi masyarakat informasi?

Jawab : yang harus dipikirkan dalam jangka panjang. sebab di masyarakat kurang mengertinya akan media tesebut. maka harus diperlukan dan potensi dalam digital devide.

Komputer kaya dan si miskin di Sekolah-Sekolah

1. Bagaimana guru menyikapi masalah beda tingkat melek komputer dimana beberapa siswa di kelas mengetahui banyak tentang komputer
sedangkan yang lain sedikit tahu atau tidak tahu sama sekali ?
Jawab : sikap guru tesebut haruslah bersikap adil terhadap siswanya yang bisa ato tidak bisa menggunakan komputer. dengan cara memberikan suatu ilmu komputer dan banyak menjelaskannya cara-cara menggunakan komputer. sehingga siswa yang tidak tahu menjadi tahu.

2. Apakah perlu komputer digunakan secara luas di sekolah dasar, atau seharusnya siswa belajar dasar-dasar pertama tanpa bantuan teknologi?

Jawab : awalnya perlu juga komputer digunakan secara luas di sekolah dasar, karena untuk melatih dan belajar proses siswa untuk berpikir dalam hal mengembangkan otak siswanya dan menambah pengetahuan tentang pekembangan teknolgi yang modern ini. memang seharusnya jika siswa belajarnya bantuan dari teknolgi siswa tersebut tidak ada perkembangannya, tetapi disini dengan semakin canggihnya teknolgi siswa sekolah dasar sudah bisa menggunakannya bagi saya sudah ada pekembangannya.

3. Jika memiliki komputer di rumah meningkatkan peluang seorang anak untuk keberhasilan akademis, apakah seharusnya pemerintah
menawarkan subsidi untuk keluarga yang tidak mampu ? Jelaskan !

Jawab :seharusnya pemerintah harus memikirkan soal itu, itu merupakan sudah kewajiban. sebab dengan keberhasilan akademis juga bisa dapat membanggakan Negara Indonesia sendiri untuk Anak Bangsa kedepannya. Jadi, pemerintah menyediakan fasilitas lab komputer bagi kaum yang tidak mampu, agar bisa membawa anak bangsa dalm keberhasilan akademis.

Tech savvy: mendidik anak perempuan di era komputer yang baru
1. Bagaimana laporan dapat menolong mendefinisikan kelancaran informasi teknologi ?

Jawab : Laporan dapat menolong kelancaran informasi teknologi harus bisa mengenal teknolgi itu sendiri dan cara fungsi alat teknolgi informasi. memberikan pelajaran tentang informasi teknologi.
2. Apakah Anda setuju, bila perusahaan memberikan laporan kunci sebagai rekomendasi untuk perencanaan anggaran tahun mendatang ? Apa
rekomendasi yang harus dilaksanakan terlebih dahulu, dan mengapa? Dapatkah Anda memikirkan langkah-langkah lain yang harus diambil?

Jawab  : Saya setuju, bila perusahaan memberikan laporan kunci sebagai rekomendasi untuk perencanaan anggaran tahun mendatang, rekomendasi yang harus dilaksanakan terlebih dahulu : Adanya pemberitahuan secara detail atas informasi yang menjadikan panutan untuk laporan mendatang, Memikirkan langkah-langkah lain yang harus diambil : Perlu adanya sikap teliti dalam menerima laporan untuk dijadikan panutan.

3. Sherry Turkle, berpendapat bahwa anak perempuan kurang berminat terhadap teknologi komputer. Bagaimana budaya komputer bisa lebih
menarik perhatian untuk anak perempuan?

Jawab : Perlu adanya penyuluhan melalui beberapa media khusunya media televisi untuk mengiklankan bahwa betapa pentingnya teknologi computer untuk kaum wanita, serta dijelaskan mengenai dampak positif serta kelebihan yang didapatkan.

Refrensi : http://www.scribd.com/doc/47708152/digital-divide-e-gov1

Pukul : 21.00 WIB

 
Leave a comment

Posted by on May 26, 2011 in tugas pertekom

 

Leave a comment